Jumat, 27 Januari 2012

Pengertian Browser dan Macam-macamnya

Browser

Penjelajah WebPenjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web . Peramban web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer , Google Chrome , Opera Mini , Flock , dan Mozilla Firefox. Peramban web adalah jenis perantara pengguna yang paling sering digunakan (wide web) sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai  


Sejarah singkatPeramban web pertama pertama bernama World Wide 
Web berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of  Illinois di Urbana-ChampaignAmerika Serikat, membuat sebuah peramban web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Peramban web tersebut dinamai Mosaic.
 

Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah peramban web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan peramban web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, peramban web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi peramban web komersial. 


Microsoft, yang terlambat turun di pasar peramban web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk peramban web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara peramban web populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer. 


Peramban web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Peramban modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang peramban web, fitur-fitur Web dan perambanh web semakin cepat dikembangkan.Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
ActiveX
Autocompletion
 (Pengisian otomatis) URL dan formulir data
Markah buku untuk mengikuti lokasi yang sering diakses
Cascading Style Sheets (CSS)
Kuki yang membolehkan sebuah website untuk mengetahui seorang pengguna lama
Tembolok web - Halaman web "disimpan" dalam memori ketika kita membukanya agar dapat diakses lagi walaupun sedang offline
Digital certificate (Sertifikat Digital)
Pemuatan gambar menggunakan 
format gambar yang sudah terkenal seperti GIFPNGJPEGSVG
Flash
Favicon

Font
, ukuran, warna
Formulir untuk mengirimkan informasi

Frame dan IFrames
Gambar
Integrasi dengan aplikasi desktop lainnya
Offline browsing (perambanan luring) terhadap isi web yang sudah ditembolok terlebih dahulu
Java applet
JavaScript
 untuk isi yang lebih dinamis
Pengaturan 
pengunduhan
Penyaringan iklan
 (Ad filtering)
Plug-in
Sejarah kunjungan ke halaman-halaman web terakhir
Session management
Tabbed browsing

Tabel
XHTML
 dan XML
DHTML
HTTPS

"Small-Screen Rendering" ("penampilan pada Layar-Kecil") dari 
Opera adalah suatu cara memformat ulang halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah ponsel, sekaligus operasi gulung (scroll) horisontal tidak diperlukan lagi. Peramban Web Menurut Pangsa Pasar
Negara-negara berdasarkan peramban web yang terbanyak digunakan pada 2011. :  
Internet ExplorerMozilla Firefox Google Chrome.

Data berikut ini yang diperoleh onestat.com menunjukkan proporsi panguna yang menggunakan satu dari peramban-peramban utama. Data tersebut - yang dikumpul pada November 2004 - diperoleh dengan melihat string agen pengguna 2.000.000 penggunaan yang mengunjungi berbagai situs-situs web yang berbeda di 100 negara.
(Perlu diperhatikan bahwa statistik ini tidak dapat dijadikan pegangan untuk menunjukkan penggunaan sebenarnya karena adanya sesuatu yang dinamakan "pembohongan 
agen pengguna". Kadang-kadang peramban non-IE dikonfigurasikan untuk "berbohong" mengenai identifikasi mereka agar dapat mengakses situs-situs web yang akan memblokir mereka jika hal demikian tidak dilakukan. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Internet Explorer milik Microsoft sebenarnya sedikit kurang dominan daripada angka-angka yang ditunjukkan di bawah ini)
Browser-browser berbasis 
Microsoft Internet Explorer: 88.9% (93.9% pada Mei 2004[2])
Versi 7.0 : 1 % dari keseluruhan
Versi 6.0: 80.95% (69.3%) dari keseluruhan
Versi 5.5: 4.18% (12.9%)
Versi 5.0: 3.66% (10.8%)
Browser-browser berbasis 
Mozilla (termasuk versi-versi terbaru Netscape): 7.35% (2.1%)
Mozilla Firefox 0.10 (Preview 1.0): 2.79%
Mozilla 1.x: 2.77%
Mozilla Firefox 1.0: 1.79%

Opera
: 1.33%
Versi 7.x: 1.29% (1.02%)

Safari
: 0.91% (0.71%)
Agastya Web Browser
: 0.2% (0.1,5%)
Dominasi Internet Explorer mulai jatuh dengan diperkenalkannya browser 
Firefox. Sejak statistik di atas dikeluarkan, Mozilla Firefox telah mengambil pangsa pasar dari IE dengan cepat, dengan jumlah penggunanya meningkat hampir dua kali lipat dalam waktu kurang dari 6 bulan.  Statistik penggunaan berbeda banyak dari suatu situs ke lainnya. Contohnya Opera mempunyai bagian hampir 20% pada Wikipedia Rusia dan Norwegia.


Macam-Macam Web Browser Yang Digunakan Untuk Menjelajah Internet





Mozilla Firefox – 
link


Dibuat oleh 
mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
Kelebihan

Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.

Security yang dimiliki Firefox lebih handal dibanding yang.

Browser ini juga terkenal dengan addons-nya yang banyak ersedita baik itu dari Mozilla sendiri ataupun dari komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester).

Browser ini juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB dan mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya


Kelemahan

Startup time atau waktu menjalankan program pertama kali sangat lama, ini membuat user tidak nyaman.
Browser ini juga tidak berfungsi dengan optimal bila tidak ditambahi addons. Para crackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar.
Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja.
Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3

Internet Exporer
 – link


Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendekIE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.
Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.

Kelebihan:
Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
Khusus Internet Explorer 9 (IE9), tampilannya lebih simpel, elegan dan menarik
Browser ini sangat terintegrasi dengan Sistem Operasi Windows karena menjadi browser standar dari Microsoft

(-) Kekurangan:
Gagal membaca
script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
Khusus IE9 tidak mendukung Sistem Operasi Windows XP



Safari
 – link 


Dibuat oleh 
Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.



Kelebihan :
1. Fitur terbaru yang menarik adalah penerapan Nitro Engine. Dengan aplikasi ini browser bisa mengolah aplikasi-aplikasi web dengan lebih cepat karena Nitro Engine dapat mengeksekusi java script delapan kali lebih cepat dibanding dengan browser lainnya.
2. Safari dilengkapi juga dengan Cover Flow yang membuat tampilan bookmark dan history browser lebih nyaman.
3. Safari juga mendukung format modern web berbasis html 5 yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera.

Kekurangan :                 
1. Tampak aneh sebagai aplikasi Windows, jika anda pertama kali menggunakannya.
2. Tak ada fitur restore kalau Safari hang.
3. Adanya bug pada Safari telah diungkapkan pada bulan Mei lalu oleh peneliti keamanan, Nitesh Dhanjani. Bug pada Safari dapat berakibat attacker mampu untuk membuang desktop korban dengan eksekusi file executable (.exe), sebuah penyerangan yang dikenal dengan nama Carpet Bombing .


Flock
 – link
 

Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0

Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

Kelebihan Flock
1. Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.
2. Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial
3. Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudah login), dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar. Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySapce dan Digg
4. Cek email melalui menu webmail
5. Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda
Dan masih banyak lagi fitur lain yang tentunya membuat Flock lain dari browser lain. Jadi bagi anda yang menggunakan Flock, anda bisa menggunakan fitur-fitur diatas. Bagi anda yang belum pernah menggunakannya, anda bisa mencobanya. Selain untuk sistem operasi windows, Flock juga tersedia untuk Linux. Jadi, bagi anda pengguna Linux masih tetap bisa menikmati fitur dari Flock.

Kelemahan Flock
1. Flock membutuhkan resources yang lebih besar! Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama
.
2. Skin Flock pun saat ini masih terbatas
.


Opera
 – link


Opera dikembangkan oleh 
Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

Kelebihan:

Ringan dan cepat

Memiliki email client dan rss sendiri, jadi Anda tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
 

Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik  
Fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat sehingga halaman terbuka lebih cepat  
Memiliki fitur penyimpan halaman dalam bentuk .mht (single file), yang belum dimiliki Chrome & Firefox dalam versi standar.  
Banyak fitur pengaya/addons, widget dan aplikasi  
Fitur Opera yang paling unik adalah fitur "Voice Interaction". Dengan fitur ini, Anda dapat memerintahkan Opera untuk mereload halaman, log in, membuka tab baru, mengklik link dan lain-lain dengan suara Anda.

(-) Kekurangan:
 

Gagal dalam membaca script pada situs-situs tertentu  
Tampilannya yang kelewat "advance", membuat pengguna pemula kesulitan saat awal menggunakannya


K-Meleon
 – link


K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah  Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas 
Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.


Sea Monkey
 – link
http://2.bp.blogspot.com/-LX3wKA8x8Ew/TyDlzb7Vu_I/AAAAAAAAADU/iT_6B6veYxw/s1600/sea+monkey.jpg


SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.


Camino
 – link 

Camino, Mozilla Power Mac Style.
Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful. Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac

Konqueror – link

Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
FTP and SFTP/SSH browser

  SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
HTTP browser
IMAP mail client
ISO (cd image) viewer
VNC viewer
Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.
Masih banyak web browser yang terdapat di internet, kembali kepada anda untuk  mengunakan browsing internet sehari-hari dan install 
Add-ons atau Widgetnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat berselancar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar